Last Updated:

Mudik kala lebaran, bukti setiap kita memiliki CINTA

Categories Travel
Suasana mudik (source : Google.com)

Tak terasa hari lebaran sebentar lagi akan tiba, beberapa rumah sudah mulai menyediakan ketupat hangat dengan sayur bihun nya, atau bahkan opor ayam dan rendang yang bedampingan begitu romantis. beberapa pusat perbelanjaan juga akan di hiasi dengan berbagai ornamen ketupat menyambut perayaan hari besar ini.

hampir setiap orang, khususnya di Indonesia menanti hari raya idul fitri, bukan hanya karena ini adalah hari kembali ke fitri, kucuran THR dari perusahaan yang tiba tiba “dianggap” menjadi baik, dan juga opor dan rendang yang berdampingan, tapi juga hari raya idul fitri seperti sebuah hari panggilan untuk kembali ke tanah kelahiran.

mudik atau menuju udik; saat pulang dari kota kembali menuju ladangnya, begitu terus secara berulang.

salah satu  pemandangan yang paling umum terlihat di jalanan seminggu sebelum menjelang hari “H” adalah kemacetan di mana-mana.

jalan protokol yang biasa lenggang nantinya akan di penuhi oleh para pengendara sepeda motor seperti layaknya barisan semut yang sedang berbondong bondong berjalan menuju sarangnya. Jalan bebas hambatan akan di sulap menjadi jalanan penuh hambatan karena padat nya volume kendaraan yang berjalan meninggalkan ibu kota kita tercinta ini.

susasana jalanan penuh dengan motor saat lebaran (source : Google.com)

semula perjalanan jakarta garut yang hanya memakan waktu 3 sampai 4 jam, nanti pada saat menjelang idul fitri mungkin bisa mencapai 6 sampai 7 jam. dengan jarak tempuh yang sama akan memiliki waktu tempuh sampai 2 kali lipatnya.

pemerintah pun turut memfasilitas moment ini dengan berbagai bantuan pengamanan di jalan, seperti muncul nya posko mudik dan pak polisi yang selalu standby di beberapa titik untuk mengamankan kegiatan “mudik” ini agar supaya baik dan lanjar kegiatannya.

posko mudik lebaran (source Google.com)

tidak hanya pemerintah yang ambil andil, beberapa perusahaan besar, terutama di bidang otomotif pun mengambil kesempatan sekali setahun ini untuk melakukan promosi terselubung. mulai terlihat beberapa bengkel darurat dari brand otomotif A, atau mungkin posko peristirahatan dari brand minuman “B”, dan semuanya bisa di nikmati oleh para pemudik.

tapi semua ini sudah menjadi hal yang lumrah bagi warga indonesia, khususnya warga ibu kota yang akan pulang kampung. mereka akan menerima dan maklum dengan perjalanan dan jarak tempuh yang meningkat drastis ini. mereka akan menerima kemacetan ini dengan suka cita. demi bertemu kembali dengan sanak saudara, berkumpul dan juga menikmati Opor dan Rendang bersama dalam suka cita.

maaf maafan saat lebaran (source : Google.com)

tidak memandang siapapun, tua muda, miskin dan kaya, semua yang memiliki kampung halaman pasti menantikan moment ini, dan pasti semuanya ingin pulang dan kembali berkumpul bersama sanak saudara, sejauh apapun kampung halamannya, karena mereka tahu kemana mereka harus pulang.

dan di sinilah bukti CINTA pada setiap diri manusia itu ada, cinta pada tanah kelahirannya.

saya mengucapkan selamat hari raya idul fitri, mohon maaf lahir dan bathin, jangan lupa tetap jaga kesehatan dan hati hati di jalan dalam perjalan mudik kalian dan salam untuk keluarga di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *