Last Updated:

Full Mask Snorkel Experience ~ Eungap!! ~ Lombok

Categories Travel

Snorkeling,,,

Setiap wisata ke pantai yang airnya biru dan bening, kegiatan snorkeling seakan menjadi kegiatan yang wajib hukumnya untuk di lakukan. Bagaimana tidak, melihat air yang jernih di teriknya pantai saja sudah bikin kita ingin berenang, ini di tambah lagi dengan melihat ikan ikan kecil lalu lalang di dalam air bikin kita tambah penasaran. Tapi memang, kegiatan snorkeling ini menurut saya semacam kegiatan yang memancing pelancong untuk mengambil lisensi diving.

 

dengan kegiatan snorkeling ini seakan kamu di buat untuk mencicipi keindahan laut dari atas, hanya dari luar nya saja, kalau kamu mau melihat lebih dalam, dan lebih indah, silahkan ambil lisensi diving nya langsung biar bisa sekalian menyelam.

 

dengan kegiatan snorkeling ini seakan kamu di buat untuk mencicipi keindahan laut dari atas, hanya dari luar nya saja, kalau kamu mau melihat lebih dalam, dan lebih indah, silahkan ambil lisensi diving nya langsung biar bisa sekalian menyelam.
Seperti hal nya kue Tester di mall mall, kalau sudah penasaran, silahkan beli kue utuhnya.

 

laut biru – Lombok – Photography by : FaizarR

 

tapi bagaimana pun juga, keindahan laut yang hanya di lihat dari atas saja memang sudah bisa bikin kita betah, selalu terbayang dan ketagihan, bagaimana tidak, melihat terumbu karang yang berwarna warni, ikan kecil kecil yang berkerumun, diayun-ayun oleh ombak yang tenang, benar benar bikin kita merasa berada di dimensi lain.

 

untuk melakukan kegiatan snorkeling ini, di butuhkan beberapa alat seperti selang udara atau snorkel nya dan juga google. Menurut saya alat yang paling penting adalah google atau mask atau kacamata renang khusus. normalnya kacamata yang di gunakan untuk snorkeling adalah kacamata google para diver yang biasa kalian lihat di film-film James Bond ketika dia mengendap ke tempat musuh melalui gorong-gorong, dan entah kenapa di film itu, si James Bond nya harus menyelam untuk menyelinap ke tempat musuhnya.

 

Kacamata Renang James Bond

 

eh ko malah ngebahas soal film nya ya..,.

kali ini, saya berkesempatan untuk mencoba menggunakan full face mask, kacamata yang menutup seluruh muka, dan menjanjikan untuk memberikan pandangan yang lebih luas ketika sedang melakukan kegiatan snorkeling.

 

katanya si begitu kalau saya baca keterangan produknya di internet.
Full mask dan saya

 

pertama kali saya mencoba full mask snorkel ini ketika saya traveling ke lombok, lebih tepatnya ke Gili Trawangan.

 

Di Gili Trawangan pasti kalian akan banyak menemukan trip snorkeling 3 gili atau 3 pulau. Jadi nanti kalian akan Snorkeling di 3 spot berbeda.

 

kalau kalian ke Lombok, kalian wajib untuk mengikuti trip ini, lagi pula trip ini cukup murah hanya Rp.100.000 hingga Rp.150.000 per orang.

 

nah saya melihat alat ini pertama kali ketika sedang mendaftar di salah satu booth yang menawarkan trip ini. full mask ini di pajang dengan gagahnya dan jujur menarik rasa penasaran saya.
“ini apa mas?” tanya saya.

 

“Full mask snorkle ,, bisa lebih enak buat nafas di dalem air, kaya topeng gitu,, sewa nya tambah Rp.100.000 lagi”

 

Karena kalah oleh rasa penasaran akhirnya saya rela merogoh kocek lebih dalam demi mencoba alat tersebut.

 

Pertama kali di gunakan, memang nyaman karena menutupi seluruh muka dan memiliki view yang jauh lebih luas,maklum karena google ini menutup seluruh muka dan berbahan plastik transaparant, sehingga memiliki view yang jauh lebih luas.

 

Untuk lubang udaranya dia langsung menempel di bagian atas kepala, kalau di perhatikan seperti unicorn memang, jadi kita tidak perlu lagi menggigit selang bernapas karena sudah terintegrasi langsung.

 

Percobaan pertama bernapas dan menikmati kegiatan snorkeling dengan alat ini gagal total, hanya dua kali tarik napas, saya langsung ke permukaan untuk membuka mask ini dan bernafas. entah kenapa rasanya seperti di vacum ketika kita bernafas melalui alat ini.

 

Mungkin saya yang salah tehnik karena saya bernafas melalui mulut, sudah terbiasa menggunakan alat snorkel pada umumnya. tak ingin menyerah saya mencobanya sekali lagi. dan hasilnya masih sama, dengan mask yang terasa menyedot muka, membuat saya panik dan gelagapan, akhirnya saya menyerah menggunakan alat ini.
Full Mask
Giliran istri saya yang mencobanya, tapi ternyata hasil nya berbeda. menurutnya, dia lebih nyaman menggunakan mask ini dari pada yang biasa. bisa lebih leluasa bernafas. Menurut penuturan dia, alat ini harus digunakan dengan cara menarik nafas dari hidung dan membuangnya lewat mulut, dan santai alias tidak terburu buru.

 

Akhirya mask itu di pakai sama dia, dan saya? lebih memilih menggunakan mask dan peralatan yang seperti biasa di bandingkan dengan alat full mask ini.

 

Kalo kata orang sunda mah EUNGAP,, alias PENGAP

 

Mungkin kalian tertarik ingin coba dan lebih cocok? coba ceritakan pengalaman kalian di kolom komen di bawah ya…

2 thoughts on “Full Mask Snorkel Experience ~ Eungap!! ~ Lombok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *